Mau Mulai Berbisnis Online? Tahap Awal Yang Penting Dan Harus Anda Lakukan

Dengan fakta bahwa pertumbuhan pengguna internet terus meningkat tiap tahunnya khususnya di Indonesia, maka potensi besar ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup rezeki halal melalui internet.

Bisnis online saat ini menjadi lahansubur untuk bisa mendapatkan uang dengan mudah, entah sebagai bisnis sampinganatau bisnis utama. Ditambah dengan banyaknya model bisnis yang bisa Anda lakukan.

Namun bagi orang yang baru mulai berbisnis online, pastinya akan menemui kesulitan untuk menemukan tahapan-tahapan yang tepat diawal agar bisnisnya bisa berjalan dengan lancar kedepannya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali saya akan memberikan 1 tahapan penting diawal yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dikerjakan sebelum berlanjut ke tahapan-tahapan berikutnya guna membangun bisnis online yang sukses dan profitable.

Let’s we discuss it..

Tahapan penting dan tidak boleh Anda lewatkan sebagai langkah awal membangun bisnis online adalah Menentukan Niche atau Topik dari bisnis Anda.

Mengapa tahapan ini sangat penting?

Karena jika Anda salah dalam menentukan niche atau topik diawal dari bisnis Anda, maka kedepannya bisa dipastikan bisnis Anda akan banyak menemui kesulitan atau kendala. Bahkan bagian terburuknya bisnis Anda hanya akan jalan ditempat saja.

Disisi lainnya, dengan menentukan niche yang tepat dan tentunya profitable maka Anda bisa menentukan dengan tepat juga target market dari bisnis Anda. Hal ini juga penting, karena salah target market, maka akan fatal dan bisnis Anda hanya akan menemukan jalan buntu (No sales).

Lalu bagaimana caranya Anda bisa menemukan niche yang tepat untuk bisnis Anda?

Dalam hal ini ada 3 point utama yang bisa Anda terapkan untuk menentukan niche bisnis yang profitable atau menguntungkan.

  1. Passion/Hobbies
  2. Personal Experience
  3. Profitability

Mari kita bahas satu persatu.

1. Passion/Hobbies

Tentu saja Anda bisa memilih topik/niche dari bisnis Anda berdasarkan Passion atau Hobi yang sangat Anda sukai. Kenapa dari hobi? Karena faktanya jika kita berbisnis dengan topik yang sangat kita sukai/senangi maka jalannya akan mudah.

Sebagai “trigger” untuk menentukan passion/hobi yang bisa dijadikan niche bisnis Anda adalah dengan menjawab pertanyaan berikut :

“Adakah sesuatu yang spesifik Anda sukai? Atau Anda tertarik menguasai keterampilan tertentu dalam 6-12 bulan kedepan?”

Ini bisa berupa sesuatu yang sangat Anda impi-impikan, dan tidak masalah jika Anda belum meraihnya sekarang.

Atau jika Anda sedang mengikuti sebuah kelas/kursus, contohnya seperti kelas memasak, kursus menjahit, dan lain sebagainya.

Dan sebagai pemicu, berikut dibawah ini beberapa contoh niche/topik bisnis yang bisa Anda ambil dari hobi.

  1. Melukis
  2. Menjahit
  3. Memasak
  4. Traveling
  5. Bermain video games/online games
  6. Modifikasi motor/mobil

2. Personal Experience

Ada pepatah bijak mengatakan “Pengalaman adalah guru yang terbaik”.

Pengalaman disini bisa saja berupa “Bad Experience” dimana Anda ingin membantu orang lain agar tidak mendapatkan pengalaman buruk seperti yang pernah Anda alami. Atau “Good Experience” dimana Anda ingin membantu orang lain untuk bisa mendapatkan hal yang sama seperti yang Anda alami.

Sebagai contoh, jika Anda sering mengalami kegagalan dalam beriklan di Facebook, maka pengalaman-pengalaman buruk tersebut bisa Anda jadikan niche/topik dari bisnis Anda.

So, Anda bisa membuat sebuah panduan atau ebook yang menceritakan pengalaman-pengalaman buruk Anda beriklan di FB agar orang lain bisa terhindar dari hal-hal tersebut.

Pengalaman bisa menjadi sumber uang loh, jika Anda tau bagaimana cara mengemasnya dengan baik.

3. Profitability

Point ini akan mengarahkan Anda untuk mem-validasi atau menguji niche/topik yang sudah Anda tentukan, apakah topik tersebut dibutuhkan banyak orang atau tidak. Dengan kata lain ada demand-nya atau tidak.

Mengapa point ini penting? Karena jika topik yang Anda pilih demand-nya sedikit, maka bisnis Anda bisa saja tidak menghasilkan uang, kalaupun ada uangnya sedikit.

Untuk menguji topik yang telah dipilih, Anda bisa mengecek banyaknya permintaan (demand) dari beberapa situs marketplace atau situs buku online.

Kalau marketplace seperti Tokopedia.com, Bukalapak.com, dsb. Anda bisa mengecek apakah produk yang berkaitan dengan topik yang Anda pilih banyak peminatnya atau permintaannya atau tidak. Jika iya, topik tersebut bisa Anda lanjutkan.

Sekiranya itulah 3 point penting yang harus Anda lakukan sebagai langkah atau tahapan awal membangun bisnis yang sukses nan barokah di internet.

Setelah tahapan diatas Anda kerjakan, maka Anda bisa lanjutkan ke tahapan-tahapan berikutnya. InsyaAllah akan saya bahas di kesempatan berikutnya. Jika bermanfaat, silahkan klik tombol share dibawah agar manfaatnya bisa tersebar lebih luas lagi.

Share konten ini agar banyak orang mendapatkan manfaatnya. Cukup klik salah satu button dibawah ini 👇👇

Leave a Comment